Buka Sejak 1875, Jamu Cekok Mengalahkan "Berdirinya" Nyonya Meneer

Jamu  Cekok Jampi Asli
(Dokumentasi: antara)
Jamu adalah salah satu khazanah kekayaan budaya Indonesia di bidang pengobatan tradisional. Jauh sebelum masyarakat Indonesia terbiasa meminum obat-obatan ataupun suplemen, jamu telah digunakan sejak masa kerajaan untuk menyelesaikan masalah kesehatan. Hingga kini, jamu masih disenangi oleh masyarakat bangsa ini karena memiliki berbagai kelebihan. Harganya yang relatif murah, alami, tidak memiliki efek samping berlebih dan terutama bebas dari bahan kimia diyakini sebagai penyebab tetap digandrunginya jamu. 


Berbagai masalah kesehatan bisa disembuhkan dengan jamu, termasuk soal urusan obat penambah nafsu makan. Di Yogyakarta, terdapat sebuah kedai jamu yang telah berdiri sejak tahun 1875 di kawasan Jl. Brigjen Katamso. Namanya kedai Jampi Asli, menyediakan berbagai jenis jamu untuk macam-macam masalah kesehatan. Akan tetapi produk jamu cekok lah yang menjadi primadona kedai jamu ini. Mendengar kata jamu cekok mestilah terdengar aneh bagi orang yang belum pernah mendengarnya. Cekok diambil dari bahasa jawa dicekoki, karena untuk menikmati khasiat jamu ini adalah dengan cara "mencekoki" ke mulut pelanggan. Nah, untuk jamu jenis ini pelanggan utamanya adalah balita, baik yang baru berusia beberapa bulan hingga anak usia TK. Sebab khasiat jamu ini sendiri untuk meningkatkan nafsu makan si anak, mempersehat pencernaan, kekebalan tubuh, dsb. 

Pelanggaran jamu cekok
(Dokumentasi: gudeg.net)

Penjual jamu sendiri memiliki teknik khusus dalam "mencekoki" jamu buatannya agar dapat ditelan dengan mudah dan tidak dimuntahkan oleh si anak. Akan tetapi karena rasanya yang lumayan pahit dan kesannya agak dipaksa, tidak sedikit anak-anak yang dicekoki jamu ini menangis. Jamu cekok sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti jahe, kencur, temulawak, puyang, temu ireng, temu giring, kunir, dan rempah-rempah tradisional lainnya. Tidak jarang juga ditambahi madu agar lebih berkhasiat. Nah, usaha jamu cekok yang dijalankan secara turun temurun ini ajaibnya bisa bertahan bahkan pelanggannya cenderung semakin bertambah seiring semakin majunya dunia kesehatan dan beragamnya obat-obatan. Setidaknya jamu cekok Jampi Asli ini tidak kalah lamanya dengan usia Jamu Nyonya Meneer asal semarang yang telah berdiri sejak tahun 1919. 

Brand jamu cap potret Nyonya Meneer
yang telah berdiri di Semarang sejak 1919
(Dokumentasi: istimewa)

Sumber:
SKH Republika, 21 Oktober 2016


Penulis:
M. Rikaz Prabowo

0 comments:

Post a Comment